-->

Algoritma & Pemrograman #4 - Struktur Kontrol : Keputusan


Pokok Bahasan

  • Dapat memahami struktur kontrol (if, if-else, if-else-if, switch) untuk memilih alur blok yang akan dieksekusi.
  • Dapat membedakan penggunaan masing – masing struktur kontrol (antara if dan switch).

Tool dan Bahasa

  • Bahasa Pemrograman : C
  • Text Editor : Notepad++
  • Compiler : MinGW

Percobaan

Program1.c Membandingkan nilai
#include <stdio.h>

int main(void) {
  int a = 5;

  //membandingkan apakah a bernilai 5
  if(a==5)

    //jika benar maka:
    printf("benar");

  return 0;
}

Program2.c Cek Nilai
#include <stdio.h>

int main(void) {
  int poin;

  printf("Masukkan poin anda = ");
  scanf("%d", &poin);

  //mengecek apakah nilai lebih dari 50
  if(poin > 60){
    //jika iya
    printf("Lulus");//statement
  }else{
    //jika tidak
    printf("Mengulang");//statement2
  }
}

Program3.c Menebak Nama
#include <stdio.h>

int main(void){
  char nama[20];

  printf("Siapa Nama Anda? : ");

  //fungsi gets() khusus digunakan untuk membandingkan 2 string
  gets(nama); //nek gets ki ora nggo petik atas,

  //fungsi strcmp() digunakan untuk membandingkan 2 string
  //jika hasil perbandingan sama maka kedua string adalah sama
  if(strcmp(nama, "bull") == 0 ){
    printf("Benar Nama Saya");
  }else{
    printf("Bukan Nama Saya");
  }
}

Program4.c Konversi nilai angka ke huruf menggunakan if-else-if
#include <stdio.h>
int main(void){
  int a;

  printf("---- Konversi Nilai ----");
  printf("Masukkan Nilai Anda\t= ");
  scanf("%d", &a);
  printf("Anda Dapat\t= ");

  //membandingkan nilai menggunakan range tertentu
  if(a >= 80 && a <= 100){
    printf("A");
  }else if(a >= 70 && a <=79){
    printf("B");
  }else if(a >= 60 && a <=69){
    printf("C");
  }else if(a >= 50 && a <=59){
    printf("D");
  }else if(a >= 0 && a <=49){
    printf("E");
  }else{
    printf("Data yang anda masukkan salah");
  }

  return 0;
}

Program5.c Konversi nilai angka ke huruf menggunakan switch
#include <stdio.h>

int main(void){
  int nilai;
  char huruf;

  printf("------Konfersi nilai------");
  printf("\nMasukkan nilai (0-10) = ");

  scanf("%d", &nilai);
  //mencari yang sesuai dengan case/selektor

  switch(nilai){
    case 10:
    case 9:
      huruf = 'A';
      break;
    case 8:
    case 7:
      huruf = 'B';
      break;
    case 6:
    case 5:
    case 4:
      huruf = 'C';
      break;
    default:
      //default digunakan bila tidak menemukan
      //case (selektor) yang sesuai
      huruf = '-';
  }
  printf("Nilai huruf: %c", huruf);

  return 0;
}


Latihan

  1. Buatlah program untuk memeriksa apakah bilangan yang diinputkan termasuk ganjil atau genap.
  2. Buatlah program untuk menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan yang diinputkan.
  3. Buatlah program untuk menghitung luas beberapa bangun datar. Pengguna akan diminta untuk memasukkan pilihan: 1. Lingkaran, 2. Persegi empat, 3. Persegi Tiga. Bila pilihan yang dimasukkan di luar ketentuan maka akan muncul pesan: “pilihan salah”.

Untuk hasil akhir dari latihan tersebut bisa dilihat Disini.
Demikianlah Semoga Bermanfaat.

Load Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel