Pokok Bahasan
- Dapat memahami struktur kontrol (if, if-else, if-else-if, switch) untuk memilih alur blok yang akan dieksekusi.
- Dapat membedakan penggunaan masing – masing struktur kontrol (antara if dan switch).
Tool dan Bahasa
- Bahasa Pemrograman : C
- Text Editor : Notepad++
- Compiler : MinGW
Percobaan
Program1.c
Membandingkan nilai
#include <stdio.h>
int main(void) {
int a = 5;
if(a==5)
printf("benar");
return 0;
}
Program2.c
Cek Nilai
#include <stdio.h>
int main(void) {
int poin;
printf("Masukkan poin anda = ");
scanf("%d", &poin);
if(poin > 60){
printf("Lulus");
}else{
printf("Mengulang");
}
}
Program3.c
Menebak Nama
#include <stdio.h>
int main(void){
char nama[20];
printf("Siapa Nama Anda? : ");
gets(nama);
if(strcmp(nama, "bull") == 0 ){
printf("Benar Nama Saya");
}else{
printf("Bukan Nama Saya");
}
}
Program4.c
Konversi nilai angka ke huruf menggunakan if-else-if
#include <stdio.h>
int main(void){
int a;
printf("---- Konversi Nilai ----");
printf("Masukkan Nilai Anda\t= ");
scanf("%d", &a);
printf("Anda Dapat\t= ");
if(a >= 80 && a <= 100){
printf("A");
}else if(a >= 70 && a <=79){
printf("B");
}else if(a >= 60 && a <=69){
printf("C");
}else if(a >= 50 && a <=59){
printf("D");
}else if(a >= 0 && a <=49){
printf("E");
}else{
printf("Data yang anda masukkan salah");
}
return 0;
}
Program5.c
Konversi nilai angka ke huruf menggunakan switch
#include <stdio.h>
int main(void){
int nilai;
char huruf;
printf("------Konfersi nilai------");
printf("\nMasukkan nilai (0-10) = ");
scanf("%d", &nilai);
switch(nilai){
case 10:
case 9:
huruf = 'A';
break;
case 8:
case 7:
huruf = 'B';
break;
case 6:
case 5:
case 4:
huruf = 'C';
break;
default:
huruf = '-';
}
printf("Nilai huruf: %c", huruf);
return 0;
}
Latihan
- Buatlah program untuk memeriksa apakah bilangan yang diinputkan termasuk ganjil atau genap.
- Buatlah program untuk menentukan bilangan terbesar dari 3 bilangan yang diinputkan.
- Buatlah program untuk menghitung luas beberapa bangun datar. Pengguna akan diminta untuk memasukkan pilihan: 1. Lingkaran, 2. Persegi empat, 3. Persegi Tiga. Bila pilihan yang dimasukkan di luar ketentuan maka akan muncul pesan: “pilihan salah”.
Untuk hasil akhir dari latihan tersebut bisa dilihat Disini.
Demikianlah Semoga Bermanfaat.